Selasa, 17 November 2009

Mutiara Hadist

Taburkanlah pasir ke waja orang-orang yang suka memuji dan menyanjung-nyanjung.
Hadist riwayat Imam Muslim

Seorang sahabat pernah berkata, "Ya Sayyidina". Nabi tidak suka dan bersabda, "Jangan kamu agungkan aku sebagaimana orang-orang Nashrani mengagungkan lsa bin Maryam. Sesungguhnya saya adalah hamba Allah, maka panggillah saya 'Abdullah wa Rasulullah'".
Hadist riwayat Ahmad

Jibril membawakan untukku seekor Buraq, yaitu sejenis binatang berwarna putih. Binatang ini lebih panjang dari keledai dan lebih pendek dari baghal. la dapat melangkah sejauh mata memandang. Aku (Muhammad) menungganginya hingga aku tiba di Baitul Maqdis
Hadist riwayat Muslim

Barang siapa yang merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkannya baginya jalan ke surga
Hadist riwayat Muslim

Bukan golongan kamu orang yang menyeru kepada ashabiyah, bukan golongan kami orang yang berperang atas ashabiyah dan bukan golongan kami orang yang mati atas ashabiyah
Hadist riwayat Abu Daud

diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud ra. : bahwa ia ditanya seseorang, "siapa yang memberitahu Nabi Saw perihal sekelompok jin yang mendengarkan pembacaan Al Quran?" dia berkata bahwa yang memberitahu Nabi Saw adalah sebatang pohon.
Hadist riwayat Bukhari

diriwayatkan dari Abu Bakrah ra. : Rasulullah Saw pernah bersabda, "jangan jual emas dengan emas kecuali dengan (berat) timbangan yang sama, demikian pula perak dengan perak kecuali dengan timbangan yang sama, tetapi kamu dapat menjual emas dengan perak atau perak dengan emas sebagaimana yang kamu kehendaki"
Hadist riwayat Bukhari

Tinggalkan apa yang meragukanmu kepada apa yang tidak meragukanmu
Hadist riwayat At-Tirmidzi

Abu Hurairah r.a. berkata: Nabi saw. bersabda: Jangan ada seorang mendahului puasa Ramadhan dengan puasa sehari atau dua hari, kecuali bagi seorang yang biasa puasa hari itu, maka ia boleh puasa hari itu.
Hadist riwayat Bukhari, Muslim

Ibn Umar r.a. berkata: Rasulullah saw. bersabda: Islam didirikan di atas lima perkara : 1. Percaya bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, dan bahwa Nabi Muhammad utusan Allah. 2. Mendirikan Shalat 3. Mengeluarkan zakat 4. Haji ke Baitullah jika kuat perjalanannya 5. Puasa bulan Ramadhan.
Hadist riwayat Bukhari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar